Cari informasi tentang kami

10 contoh soal ujian CAT untuk calon petugas haji Indonesia 2025 tentang instansi pelayanan jamaah haji di Makkah dan Madinah

 10 contoh soal ujian CAT untuk calon petugas haji Indonesia 2025 terkait hal-hal yang perlu diperhatikan tentang instansi pelayanan jamaah haji di Makkah dan Madinah beserta jawabannya:




1. Fungsi Kantor Daker (Daerah Kerja) Haji

Soal:
Kantor Daker Makkah bertanggung jawab atas:
a. Pengelolaan akomodasi jamaah di Madinah
b. Pelayanan jamaah selama prosesi ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina
c. Pendampingan dan koordinasi di Masjid Nabawi
d. Penyediaan transportasi antar-kota di Arab Saudi

Jawaban:
b. Pelayanan jamaah selama prosesi ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Pembahasan:
Kantor Daker Makkah menangani pelayanan jamaah haji selama berada di wilayah Makkah, termasuk operasional di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).


2. Peran PPIH Arab Saudi

Soal:
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memiliki tugas utama sebagai berikut, kecuali:
a. Membantu jamaah haji yang sakit atau mengalami kendala
b. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi layanan jamaah
c. Mengatur pendaftaran dan kuota haji di Indonesia
d. Memberikan bimbingan manasik kepada jamaah haji di Tanah Suci

Jawaban:
c. Mengatur pendaftaran dan kuota haji di Indonesia

Pembahasan:
Pendaftaran dan pengaturan kuota haji adalah tugas PPIH di Indonesia, bukan di Arab Saudi. PPIH Arab Saudi fokus pada operasional pelayanan di Makkah, Madinah, dan wilayah Armuzna.


3. Lokasi Kantor Daker Madinah

Soal:
Kantor Daker Madinah terletak di:
a. Dekat Masjid Nabawi
b. Kawasan pemondokan jamaah di Sektor Madinah
c. Area sekitar Jabal Uhud
d. Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz

Jawaban:
b. Kawasan pemondokan jamaah di Sektor Madinah

Pembahasan:
Kantor Daker Madinah biasanya terletak di dekat area pemondokan jamaah untuk mempermudah pelayanan dan aksesibilitas.


4. Fungsi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI)

Soal:
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Arab Saudi bertugas untuk:
a. Menyediakan layanan kesehatan primer hingga rujukan bagi jamaah haji
b. Mengatur transportasi medis di Indonesia
c. Melayani pengobatan untuk seluruh warga negara Indonesia
d. Menyediakan obat-obatan bagi semua jamaah di hotel

Jawaban:
a. Menyediakan layanan kesehatan primer hingga rujukan bagi jamaah haji

Pembahasan:
KKHI berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada jamaah haji Indonesia, termasuk perawatan darurat dan rujukan ke rumah sakit di Arab Saudi.


5. Sistem Transportasi Makkah dan Madinah

Soal:
Layanan transportasi antar-pemondokan jamaah di Makkah biasanya dikenal dengan istilah:
a. Shuttle bus Masjidil Haram
b. Transportasi Siskohat
c. Bus Arbain
d. Layanan bus maktab

Jawaban:
a. Shuttle bus Masjidil Haram

Pembahasan:
Shuttle bus Masjidil Haram adalah layanan transportasi yang disediakan untuk memudahkan jamaah menuju Masjidil Haram dari pemondokan, terutama bagi jamaah yang tinggal jauh dari lokasi masjid.


6. Tugas Sektor Khusus di Makkah

Soal:
Sektor khusus di Makkah bertugas untuk:
a. Mengatur jadwal perjalanan jamaah ke Jeddah
b. Mengelola keamanan jamaah di Masjidil Haram
c. Memberikan layanan kesehatan jamaah di Mina
d. Menyiapkan makanan bagi jamaah di Makkah

Jawaban:
b. Mengelola keamanan jamaah di Masjidil Haram

Pembahasan:
Sektor khusus bertugas menangani pelayanan jamaah di sekitar Masjidil Haram, termasuk mengelola keamanan dan membantu jamaah yang tersesat.


7. Koordinasi Pelayanan di Armuzna

Soal:
Siapa yang bertanggung jawab penuh atas operasional pelayanan jamaah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina?
a. Kantor Daker Madinah
b. PPIH Arab Saudi sektor kesehatan
c. Kantor Daker Makkah
d. Tim Kesehatan Haji Indonesia

Jawaban:
c. Kantor Daker Makkah

Pembahasan:
Daker Makkah bertanggung jawab atas seluruh operasional jamaah haji di wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).


8. Pelayanan Fast Track

Soal:
Layanan Fast Track yang disediakan bagi jamaah haji Indonesia bertujuan untuk:
a. Mempercepat proses imigrasi jamaah di bandara Arab Saudi
b. Memastikan transportasi jamaah tiba tepat waktu
c. Mengatur waktu ziarah jamaah haji di Makkah dan Madinah
d. Mempermudah proses pembayaran dam di Tanah Suci

Jawaban:
a. Mempercepat proses imigrasi jamaah di bandara Arab Saudi

Pembahasan:
Layanan Fast Track mempercepat proses imigrasi di bandara Arab Saudi sehingga jamaah langsung menuju pemondokan tanpa antre panjang.


9. Peran Maktab di Mina

Soal:
Apa fungsi utama maktab selama pelaksanaan haji di Mina?
a. Memberikan layanan katering kepada jamaah
b. Mengatur jadwal jamaah untuk melempar jumrah
c. Menyediakan penginapan dan layanan lainnya bagi jamaah
d. Mengelola transportasi jamaah dari Mina ke Makkah

Jawaban:
c. Menyediakan penginapan dan layanan lainnya bagi jamaah

Pembahasan:
Maktab di Mina bertanggung jawab menyediakan fasilitas penginapan, konsumsi, dan bimbingan bagi jamaah selama mereka berada di Mina.


10. Prosedur Jamaah Tersesat di Madinah

Soal:
Jika seorang jamaah tersesat di Madinah dan tidak tahu alamat pemondokannya, petugas sebaiknya:
a. Mengantar jamaah langsung ke Masjid Nabawi
b. Menghubungi sektor terkait untuk mencari data pemondokan jamaah
c. Meminta jamaah untuk menunggu di lokasi hingga ditemukan
d. Menyuruh jamaah kembali mencari pemondokannya sendiri

Jawaban:
b. Menghubungi sektor terkait untuk mencari data pemondokan jamaah

Pembahasan:
Petugas harus segera menghubungi sektor terkait atau menggunakan sistem informasi haji untuk mendapatkan data jamaah dan memandu mereka kembali ke pemondokan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar